Turun Langsung Lapangan, Mahasiswa Teknik Perkeretaapian Angkatan 2021 Melakukan Kegiatan Kuliah Lapangan di Balai Yasa Gerbong Rejosari

Sebanyak 118 mahasiswa Program Studi Teknik Perkeretaapian Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan Kuliah Lapangan mengamati perawatan pada sarana gerbong kereta api serta pemantauan langsung perawatan pada jalan rel. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2021 Teknik Perkeretaapian ITERA di UPT Balai Yasa Rejosari, yang berada di Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan pada Senin (29/05/2023).
Para mahasiswa yang di damping tim dosen, disambut hangat oleh seluruh jajaran UPT Balai Yasa Gerbong Rejosari. Kuliah Lapangan kali ini dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi 1 pada pagi hari pukul 07.30 dan sesi 2 dilaksanakan pada siang hari pukul 13.30.  Kepada mahasiswa, pihak UPT Balai Yasa Gerbong Rejosari menjelaskan beberapa hal yang akan dipelajari oleh para mahasiswa, antara lain seperti proses perawatan, proses penglolahan limbah, serta proses pemantauan dan perawatan pada jalan rel.
Salah satu hal dipelajari oleh para mahasiswa yakni proses pemantauan serta perawatan pada jalan rel. Di Balai Yasa Rejosari, mahasiswa dapat mempelajari beberapa komponen yang terpenting di wesel, komponen wesel terdiri dari komponen yang memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.
Pada saat kunjungan lapangan, mahasiswa dibimbing langsung dari perwakilan bagian Jalan dan Jembatan untuk dapat memberikan materi serta memberikan praktek langsung mengenai struktur jalan rel terutama pada wesel, adapun wesel yang dijadikan sebagai demonstrasi kepada mahasiswa Teknik Perkeretaapian di Institut Teknologi Sumatera yakni wesel W8 yang berarti wesel tersebut merupakan wesel ke 8 didalam wilayah Rejosari.
Kemudian mahasiswa juga diajak untuk melihat kondisi sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah yang berasal dari limbah sisa pembersihan pada beberapa komponen di yang ada pada bogie serta gerbong yang sedang menjalani perawatan di Balai Yasa Rejosari.
Setelah itu, mahasiswa juga diajarkan tentang komponen yang terdapat pada sarana gerbong yang ada di Balai Yasa Rejosari, mulai dari komponen-komponen yang terdapat pada bogie gerbong hingga menjelaskan mengenai sistem pengereman yang digunakan pada gerbong-gerbong barang yang sedang menjalani perawatan sedang hingga berat di Balai Yasa Rejosari.
“Sangat senang dapat berinteraksi langsung dengan kereta api. Takjub juga bisa tau bagian-bagian terkecil dari kereta api kayak wah dari benda sekecil ini dapat menggerakan kereta yang dapat membawa beban berat. Bisa mempelajari sistem pengereman secara langsung, pokoknya speechless.” Ujar Fakhrun Nisa, salah satu Mahasiswa Teknik Perkeretaapian ITERA angkatan 21 yang mengikuti kegiatan Kuliah Lapangan di UPT Balai Yasa Rejosari.
Besar harapan para dosen Program Studi Teknik Perkeretaapian ITERA terhadap kegiatan kuliah lapangan ini agar lebih mengenalkan mahasiswa terhadap suatu objek yang masih terhubungan dengan latar belakang pendidikan sebagai mahasiswa Teknik Perkeretaapian di Instutut Teknologi Sumatera.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top